Minggu, 08 Oktober 2017

Sensor Kompas Asli dan yang Palsu

Hallo sobat Arduino Indonesia, akhir-akhir ini dapat project robot yang salah satunya menggunakan sensor kompas, karena projectnya Low Cost mau nggak mau beli sensornya juga yang Low Cost, Nah jatuh pilihan pada gy271 ata gy273 Magnetometer. Dulu sih sering menggunakan sensor ini dan tidak ada masalah dalam pembacaan sensornya, palingan juga masalahnya pas data kurang akurat kalau di sekitar banyak benda yang mengandung besi :D.

Nah baru-baru ini beli beberapa sensor di tempat A, kok sensor tersebut gak bisa di pakai, sudah di scan address pake i2cscanner, dapat alamat nya 0X0D,  ketika di masukkan program arduino kompas lah kok x,y,z nya dapat nilai 0 semua.

Setelah melihat sensor kompas yang lama dapat alamat 0x1E, apakah gara-gara ini sensor kompas tidak bisa di gunakan, akhirnya setelah baca-baca artikel banyak juga yang bilang kalau sensor kompas yang saya gunakan adalah fake alias palsu. Sempat gak percaya masa iya sih.

Akhirnya nyoba beli lagi beberapa di Toko B, alamatnya juga sama 0X0D, was was pasti gak bisa juga, eh ternyata di coba bisa. dan beberapa kali test gak bisa lagi. di simpen sebentar, di coba bisa, terus gak bisa lagi.

nah usut punya usut setelah saya amati IC magnetometernya sama semua ya itu ada tulisannya DA

sedangkan yang tipe lain yang punya alamat 0x1E tulisannya ic nya L883

ada yang bilang sih di forum
different on the modules is the marking on the chip, L883 on the good one, 5883 on the bad one.
so sudah dapat di simpulkan ternyata  Kompas yang saya beli dengan tipe IC DA5883 dan beralamatkan 0x0D ternyata di simpulkan fake kompas. udah terlanjur beli banyak banget di beberapa toko yang berbeda dan semuanya gak bisa. #edisicurhatsensorkompas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar